Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak

Pengabdian Pada Masyarakat Pelatihan dan Sosialisasi Smart Laboratory Berbasis IoT di Universitas Muhammadiyah Pontianak

Jurusan Teknik Elektro – Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Program Studi D3 Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan PPM pada periode April – November 2022. Kegiatan tersebut mengusung tema Pelatihan dan Sosialisasi Smart Laboratory Berbasis IoT untuk Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan di Laboratorium Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak. Kegiatan tersebut digelar di Laboratorium Teknik Informatika Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pontianak, pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022.
Adapun susunan tim pada PPM ini adalah sebagai berikut:
Ketua Tim: Fitri Wibowo, S.S.T., M.T.
Anggota tim dosen dan teknisi:
1. Ferry Faisal, S.S.T., M.T.
2. Yasir Arafat, S.S.T., M.T.
3. Suheri, S.T., M.Cs.
4. Budianingsih, S.T., M.T.
5. Muhammad Hasbi, S.T., M.T.
6. Neny Firdyanti, S.T., M.T.
7. Hairudin, S.T.
8. Puji Hartono, A.Md
9. Bayu, A.Md
Anggota tim mahasiswa:
1. Anjeline Oktasya Gustin
2. Mochtar Muhammad Faisal
3. Heza Wihardi
4. Rabuansah
5. Jaka Adi Baskara

“Melalui PPM ini kami berupaya memberikan sesuatu pada masyarakat, khususnya civitas akademika Universitas Muhammadiyah Pontianak. Awalnya kami dari tim mendapatkan info bahwa Laboratorium Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak belum memiliki sebuah sistem berbasis IoT untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna laboratorium,” ujar Wibowo.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya terkait keamanan dan keselamatan laboratorium, kepala laboratorium Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak saat ini mengandalkan penggunaan CCTV dan pintu berkerangka besi. Pada pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini, pelaksana kegiatan mengusulkan penerapan sebuah sistem yang saat ini sudah diterapkan di laboratorium Teknik Informatika Politeknik Negeri Pontianak yaitu penggunaan teknologi berbasis Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan dengan menggunakan ESP32 dan ThingsBoard. Sistem yang sudah berjalan tersebut merupakan hasil penelitian terapan oleh Fitri Wibowo, dkk. di Politeknik Negeri Pontianak pada tahun 2021.

Hal tersebut selaras dengan latar belakang dilaksanakannya suatu PPM, yang tertuang dalam panduan penelitian terapan Politeknik Negeri Pontianak tahun 2022, yang mengacu pada Panduan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Edisi XIII tahun 2021 versi revisi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bahwasanya hasil penelitian sudah semestinya dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga pengabdian kepada masyarakat tidak hanya sekedar pengabdian tanpa basis sains yang jelas tetapi merupakan suatu wahana penerapan hasil penelitian dan pendidikan kepada khalayak sasaran yang memerlukan.

“Tujuan utama PPM ini adalah untuk menyediakan sebuah sistem berbasis Internet of Things yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di laboratorium Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak,” jelasnya.

Asrul Abdullah, S.Kom., M.Cs., Ketua Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah menyampaikan apresiasinya kepada Tim PPM Program Studi D3 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak. “Kami berterimakasih bapak ibu berkenan menggelar pengabdian kepada masyarakat di kampus kami. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan mempermudah pengelola laboratorium dalam mengawasi dan meningkatkan keamanan dan keselamatan di laboratorium kami,” ujarnya. Ia berharap, kerjasama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi antara Politeknik Negeri Pontianak dan Universitas Muhammadiyah Pontianak dapat berkembang dan terjalin ke depannya sehingga membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

Dokumentasi kegiatan berupa video dapat dilihat pada tautan Youtube berikut ini: https://youtu.be/9ScJ3zoTMhM
Berikut ini adalah foto-foto dokumentasi kegiatan PPM.